SIAP HADAPI UTBK, MAN IC SAMBAS LAKSANAKAN TRY OUT UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN SISWA

Jumat, 07 Februari 2020        MANICSA
Bagikan :

MAN IC SAMBAS- Pelaksanaan  Try Out Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) kembali dilakukan MAN Insan Cendekia Sambas akhir pekan ini. Ini merupakan kali kedua, setelah ujian sebelumnya berjalan lancar. ( 07/02 )

Pada dasarnya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.  Tetapi untuk lebih smempersiapkan Siswa untuk mengikut UTBK MAN IC mengambil Inisiatif melaksanakan Try  Out Tersebut.

Secara terpisah kepala Madrasah menyampaiakan “ Sejak tahun 2019, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Oleh karena itu, MAN IC Sambas lakulan Try Out UTBK agar Siswa kita siap menghadapi UTBK, “Katanya  saat di hubungi “

Dedi Guru BK MAN IC Sambas slaku panitia Try Out juga Menyampaikan “ Try Out UTBK inin terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian yaitu TKA Saintek dan TKA Soshum. “ Ungkap Dedi “

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Try Out UTBK ini dilaksnakan selama 2 hari dengan jadwal yang telah di tentukan dan juga try Out UTBK ini di ikuti sebanyak 92 Siswa kelas XII tahun Pelajaran 2019/2020. ( Far)



Visi MAN Insan Cendekia adalah Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam IMTAK (keimanan dan ketakwaan), menguasai IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi).
STATISTIK PENGUNJUNG



Hari Ini
56
Bulan Ini
83
Tahun Ini
4768
ALAMAT MADRASAH
Desa Saing Rambi,
Kecamtan Sambas,
Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat 79462
Indonesia