Tamyiz


Tamyiz adalah lembar kerja (Work Sheet) tentang formulasi dasar Quantum Nahwu-Shorof yang masuk dalam kategori Arabic for Specific Purpose (ASP) dengan target sangat sederhana yaitu siapa saja yang sudah bisa membaca Qur’an akan bisa menjadi pintar bembaca, mentarjamah, dan menulis (Imla’) Qur’an dan kitab Kuning. Metode Tamyiz berbeda dengan metode- metode mempelajari Nahwu-Shorof lainnya karena metodenya lebih mudah sehingga dapat dipahami oleh anak kecil sekalipun. Siswa belajar dengan metode mengeraskan suaranya (sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan penggunaan potensi otak kiri dan otak kanan secara seimbang), ditambah lagi dengan teknik pengulangan yang integratif (sebagai salah satu cara mengoptimalkan potensi otak bawah sadar atau qolbun/shudur) sehingga hasil belajar akan lebih optimal.

Kegiatan TAMYIZ di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo diikuti oleh seluruh siswa dan siswi kelas X.  Di sini siswa dan siswi tidak hanya diajarkan metode tamyiz namun juga siswa dan siswi dituntut untuk otomatis bisa mengajarkan TAMYIZ kepada orang lain.

Kegiatan TAMYIZ ini dilaksanakan hari Jumat malam Sabtu pukul 18.45 – 19.30 (setelah Makan Malam) disetiap pekan. Dari kegiatan ini  siswa dan siswi diharapkan dapat pintar membaca, mentarjamah, menulis Al-Qur’an menterjemahkan kitab Kuning.

Visi MAN Insan Cendekia adalah Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam IMTAK (keimanan dan ketakwaan), menguasai IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi).
STATISTIK PENGUNJUNG



Hari Ini
240
Bulan Ini
441
Tahun Ini
6227
ALAMAT MADRASAH
Desa Saing Rambi,
Kecamtan Sambas,
Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat 79462
Indonesia