Kurikulum Madrasah


Kurikulum MAN Insan Cendekia mengedepankan siswa sebagai subyek pendidikan. Siswa mengambil peran yang maksimal dalam lingkungan akademis. Sementara guru merupakan mitra atau fasilitator dalam pemahaman dan penguasaan materi pembelajaran.

Metode pembelajaran mengarah kepada kooperatif dengan pendekatan saintifik. Orientasi saintifik mengarahkan siswa dalam menikmati proses pembelajaran mampu menangkap setiap fakta, membangun konsep pemahaman, menentukan suatu prinsip dan menerapkan prosedur ilmiah. Sehingga siswa akan memiliki keterampilan pada ranah kongkrit dan abstrak.

Keseimbangan ranah pada proses dan mekanisme berfikir diatas memiliki manfaat untuk membedakan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif dari pengetahuan. Pembelajaran kooperatif akan membentuk suatu interaktif antara siswa dengan guru. Siswa akan memiliki sikap partisipatif dalam setiap pembelajaran. Kurikulum kami berupaya menciptakan nuansa pembelajaran secara nyaman dan penuh respek untuk membangun kepercayaan diri siswa dan komunikasi efektif. Setiap siswa akan dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, inovatif, independen, membaca secara kritis, dan kerja sama dalam sebuah tim.

Desain kurikulum MAN Insan Cendekia membuka kesempatan terbuka setiap siswa dapat mengembangkan potensi dan membantu siswa saat mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Daya dukung kurikulum, kami menyediakan lingkungan akademik yang nyaman, kualifikasi pendidik dan tenaga pendidikan sesuai kapasitas dan kapabilitas. Penerapan dan pelaksanaan kurikulum kami mempunyai pengaruh kepada siswa. Tidak semua siswa mampu sejalan dengan penerapan kurikulum maupun ekstra kurikulum.

Kami menyadari bahwa setiap siswa mempunyai kekuatan potensi serta kompetensi masing-masing. Oleh karena itu, kami memfasilitasi pelayanan tambahan dengan membentuk klinik mata pelajaran bagi siswa yang kesulitan dalam pembelajaran, konseling dan karir maupun kelanjutan pendidikan.

Visi MAN Insan Cendekia adalah Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam IMTAK (keimanan dan ketakwaan), menguasai IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi).
STATISTIK PENGUNJUNG



Hari Ini
240
Bulan Ini
441
Tahun Ini
6227
ALAMAT MADRASAH
Desa Saing Rambi,
Kecamtan Sambas,
Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat 79462
Indonesia